Renungan Harian,  Selasa, 2 Juli 2024

HIDUP DIBAWAH PEMERINTAHAN ALLAH

Oleh: Pdt. Juliana Zai, STh

Matius 6 : 10 “datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.”

Sahabat Yang dikasihi Tuhan,
Doa orang Kristen haruslah berhubungan dengan Kerajaan Allah di bumi sekarang ini dan dengan perwujudannya pada masa yang akan datang. Dalam doa yang diajarkan oleh Yesus kepada murid-murid-Nya, yang kita kenal sebagai Doa Bapa Kami, terdapat satu permohonan yang sangat penting: “Datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.” Permohonan ini bukan sekadar kata-kata, melainkan suatu panggilan bagi setiap orang percaya untuk hidup di bawah pemerintahan Allah dan menjalankan kehendak-Nya dalam kehidupan sehari-hari.

Doa adalah komunikasi antara Allah dan umat-Nya. Orang-orang percaya dilarang menjalani kehidupan doa yang penuh kemunafikan. Sebab, doa bukanlah tontonan publik. Yesus mengajarkan murid-Nya berdoa agar mereka memiliki relasi yang intim dengan Bapa-Nya. Kewajiban agama di kalangan orang Yahudi adalah memberi sedekah, berdoa, dan berpuasa. Tuhan Yesus mengajarkan bahwa menjalankan kewajiban agama janganlah seperti orang munafik, yang berharap agar orang lain melihat dan memujinya. Melainkan melakukan kewajiban agama bersifat pribadi dan tersembunyi dari pengamatan orang lain, serta semata-mata untuk Bapa di surga. Bapa tahu memberikan upah kepada orang yang melakukannya.

Doa ditujukan kepada Bapa di sorga, yang nama-Nya kudus. Tujuan utama berdoa adalah agar Kerajaan Allah datang dan kehendak Allah terwujud. Dalam doa, kita boleh memohonkan pemenuhan kebutuhan fisik yang esensial secukupnya, setiap hari. Kita tidak pernah terlepas dari kesalahan. Itulah sebabnya kita harus meminta ampun atas kesalahan kita dan belajar mengampuni orang yang bersalah kepada kita. Sebab Tuhan pun sudah mengampuni kesalahan kita. Kita juga boleh memohon agar Tuhan tidak membawa kita pada pencobaan, melainkan melepaskan kita. Doa ditutup dengan deklarasi iman bahwa Bapalah yang empunya Kerajaan, kuasa, dan kemuliaan. Kerajaan Allah adalah pemerintahan Allah yang nyata dan aktif dalam kehidupan umat-Nya. Ini bukan hanya tentang tempat, tetapi tentang keadaan di mana Allah memerintah dengan sempurna.

Kerajaan Allah ditandai oleh keadilan, kasih, damai sejahtera, dan kebenaran. Di dalam kerajaan ini, kehendak Allah dilaksanakan sepenuhnya. Yesus berkata bahwa Kerajaan Allah sudah hadir di tengah-tengah kita (Lukas 17:21). Ini berarti, meskipun kita menantikan pemenuhannya yang sempurna di masa depan, kita sudah bisa mengalami dan menjadi bagian dari Kerajaan Allah saat ini melalui iman kita.Kerinduan Akan Pemerintahan Allah, Dengan berdoa “Datanglah Kerajaan-Mu,” kita mengungkapkan kerinduan kita agar Allah memerintah di bumi seperti di sorga. Ini berarti kita mendambakan situasi di mana kehendak Allah sepenuhnya dilakukan di dunia ini.

Doa ini juga merupakan panggilan untuk kita sebagai umat percaya untuk menjadi agen perubahan yang membawa nilai-nilai Kerajaan Allah ke dalam dunia ini. Melalui kasih, keadilan, dan perbuatan baik, kita dapat menunjukkan realitas Kerajaan Allah kepada orang-orang di sekitar kita.

Sahabat Yang dikasihi Tuhan
Mengundang Kerajaan Allah dalam hidup kita berarti hidup dengan ketaatan penuh kepada firman Tuhan. Kita harus selalu berusaha untuk menjalankan kehendak Allah dalam setiap aspek kehidupan kita. Doa Bapa Kami bukan sekadar hafalan. Tuhan Yesus mengajarkan doa ini agar nafas, semangat dan prinsip di dalamnya ditaati. Semua orang yang berdoa harus sungguh menyadari siapa dirinya dan siapa Tuhan. Sebagai ciptaan berdosa, kita menggantungkan diri kepada sifat-sifat agung Allah. Sebagai orang yang telah diampuni dan diperdamaikan Kristus, kita mempercayakan diri penuh kepada-Nya. Di dalam tekad meninggikan Allah dan menyaksikan Kerajaan-Nya terwujud di bumi inilah seharusnya seluruh kebutuhan rohani dan jasmani kita kita pertaruhkan kepada Tuhan Allah.

Kita dipanggil untuk menjadi saksi Kristus di dunia ini. Melalui perkataan dan perbuatan kita, orang lain dapat melihat dan merasakan kasih dan keadilan Allah.Sebagai bagian dari Kerajaan Allah, kita harus mengupayakan keadilan dan kasih di mana pun kita berada. Ini bisa dilakukan melalui tindakan-tindakan sederhana seperti membantu sesama, membela yang lemah, dan berbagi berkat yang kita miliki.Dengan berdoa “Datanglah Kerajaan-Mu,” kita mengundang Allah untuk memerintah dalam hidup kita dan di dunia ini. Marilah kita hidup di bawah pemerintahan-Nya dan menjadi agen perubahan yang membawa nilai-nilai Kerajaan Allah ke dalam setiap aspek kehidupan kita.

Selama kita hidup didunia ini, mari kita bersama sama untuk mewujudkan kerajaan Allah dengan menunjukkan kebaikan ditengah tengah keluarga, gereja, masyarakat. Berserahlah sepenuhnya pada kehendak Allah, biarkan Allah yang bekerja dalam kehidupan kita. Tuhan memberkati. Amin.

Salam sehat dan bersemangat dalam penyertaan Tuhan (JZ).

Upload: St. Dr. Ir. Hisar Sirait, M,A, CRMS

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: