RENUNGAN HARIAN: SELASA, 11 APRIL 2023

SEMAKIN GIAT

Oleh: Pdt. Bornok Sihombing  STh

1 Korintus 15 :58

Onpe, hamu angka donganku na hinaholongan, marsihohot jala so mubauba ma hamu, jala lam sumurung ma tongtong di bagasan ulaon ni Tuhan i, ai diboto hamu do: Ndang magopo halojaonmuna di bagasan Tuhan i.

Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.

Sdr dlm nama Tuhan Yesus. Judul Renungan “ MAKIN GIAT” Pernah seorang motivator berkata jangan pernah berkata sia-sia. Salah satu kata paling melemahkan dalam kehidupan yang akan menghentikan setiap langkah, melemahkan semua motivasi untuk berjuang, dan hasrat untuk melakukan semua hal yang baik adalah kata “ sia-sia”. Kata sia-sia ini mewakili kata tentang percuma, tidak bermanfaat dan tidak ada gunanya. Mungkin kita kerap mendengar seseorang berkata, sia-sia berdoa, sia-sia bekerja keras, sia-sia jadi orang baik, sia-sia hidup sungguh-sungguh mengasihi Tuhan, sia-sia melayani Tuhan dan bahkan sering kita dengar keluhan sia-sia berumah-tangga.

Sdrku terkasih, Paulus memberikan semangat lewat Firman Tuhan dengan memberi sebuah nasihat yang sangat penting untuk kita, dan nasihat itu sangat relevan dengan kondisi-kondisi kita hari ini saat hadapi hidup yang penuh tantangan dan perjuangan yaitu dengan: berdiri teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu. Tiga nasihat ini menggambarkan sebuah kualitas tentang menjadi pribadi yang kuat. Kata semakin giat di dalam keintiman dengan TUHAN (Matius 24:44). TUHAN YESUS menasehatkan kita agar kita berjaga-jaga, karena waktu kedatangan-Nya tidak ada yang tahu, maka kita sebagai anak harus tetap berdoa dan waspada dalam menantikan kedatangan-Nya.

Sdrku terkasih, dalam firman ini Paulus berusaha mengajak orang percaya yang ada di kota Korintus supaya senantiasa berdiri teguh dalam kebenaran. Karena memang pada saat itu ada banyak anggapan bahwa mengimani kebangkitan Kristus menjadi sebuah kesia-siaan yang tiada arti. Namun nasehat Paulus tersebut mempertegas bahwa mengimani Kristus itu bukanlah kesia-siaan. Karena itu Paulus tekankan supaya setiap orang percaya jangan ada rasa putus asa walaupun banyak cacian yang harus kita terima karena iman kepada Kristus. Oleh karena itu, hendaklah kita selalu mengingat bahwa semua yang kita perbuat tidak ada yang sia-sia bagi Tuhan, namun semuanya indah pada waktuNya. Amin

Doa
Ya TUHAN Yesus berilah kami semangat dalam melakukan tugas pelayanan dan pakailah kami untuk menjadi hambaMu dan mengingatkan kami agar selalu mengandalkan kuasa RohMu dalam hidup kami. Amin

Upload: CSt. Dr. Hisar Sirait

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: